Pengetahuan Tentang Busi

APA ITU BUSI ???

Busi adalah salah satu spare part yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar berfungsi untuk memercikkan bunga api beberapa saat pada langkah kompresi


Terjadinya proses pengapian pada Busi
Ketika tegangan tinggi yang di bangkitkan di koil pengapian di alirkan melalui inti elektroda ke ground electroda, maka akan terjadi percikan bunga api.
Energi percikan bunga api ini dapat membakar campuran bahan bakar/udara. Proses ini  terjadi sangat cepat (1/1000 detik).
Fungsi spark plug adalah untuk memercikan bungan api untuk membakar campuran bahan bakar/udara sehingga menghasilkan tenaga yang dibutuhkan.

Pengapian terjadi karena adanya percikan bunga api listrik yang terjadi pada gap yang akan membentuk titik api yang semakin besar.
Pada saat yang sama akan terjadi efek pendinginan saat terjadinya transfer panas melalui ground elektroda, ketika efek pendinginan lebih besar dari panas yang terjadi, maka akan terjadi kegagalan pengapian.
Semakin besar gap spark plug akan menghasilkan pembakaran yang besar dan efek pendinginan berkurang, namun disisi lain tegangan yang dibutuhkan lebih besar dari tegangan yang tersedia sehingga akan terjadi kegagalan pengapian.



Apa yang dimaksud dengn tingkat panas busi
Tingkat panas busi adalah kemampuan busi menerima dan membuang panas dari ruang bakar ke head silinder. Tingkat panas busi tergantung dari bentuk hidung insulator. Panas dari ruang bakar merambat ke inti elektroda melalui hidung insulator selanjutnya di pindahkan ke head silinder melalui housing busi.

Apa itu busi panas dan busi dingin
"Busi panas" memiliki hidung insulator yang panjang menyebabkan daerah yang terkena panas menjadi lebih luas. Hal ini menjaga suhu busi menjadi lebih panas.
Busi dingin" memiliki hidung insulator lebih pendek, menyebabkan permukaan yang terkena panas menjadi sedikit. Busi dingin biasa dipakai untuk kondisi kerja mesin berat. Busi dingin juga dapat mengurangi terjadinya pre-ignition dan detonasi, disisi lain jika tingkat panas busi terlalu dingin akan terjadi endapan carbon saat kondisi  idling dan kecepatan rendah



KONDISI BUSI


No comments