Pengetahuan Tentang Busi
APA ITU BUSI ???
Busi adalah salah satu spare part yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar berfungsi untuk memercikkan bunga api beberapa saat pada langkah kompresi
Busi adalah salah satu spare part yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar berfungsi untuk memercikkan bunga api beberapa saat pada langkah kompresi
Terjadinya proses pengapian pada Busi
Ketika tegangan
tinggi yang di bangkitkan
di koil pengapian
di alirkan melalui
inti elektroda ke ground electroda, maka akan terjadi percikan
bunga api.
Energi percikan
bunga api ini dapat membakar campuran
bahan bakar/udara. Proses ini
terjadi sangat
cepat (1/1000 detik).
Fungsi spark plug adalah untuk memercikan
bungan api untuk membakar campuran bahan bakar/udara sehingga
menghasilkan tenaga
yang dibutuhkan.
Pengapian terjadi
karena adanya percikan
bunga api listrik
yang terjadi pada gap yang akan membentuk titik api yang semakin besar.
Pada saat yang sama akan terjadi
efek pendinginan saat terjadinya transfer panas melalui ground elektroda,
ketika efek pendinginan
lebih besar dari panas yang terjadi, maka akan terjadi kegagalan
pengapian.
Semakin besar gap spark plug akan menghasilkan pembakaran
yang besar dan efek pendinginan berkurang,
namun disisi lain tegangan
yang dibutuhkan lebih besar dari tegangan
yang tersedia sehingga
akan terjadi kegagalan
pengapian.
Apa yang dimaksud dengn tingkat panas busi
Tingkat panas busi
adalah
kemampuan busi
menerima
dan membuang panas dari ruang
bakar
ke head silinder. Tingkat panas busi tergantung dari
bentuk
hidung
insulator. Panas
dari
ruang
bakar
merambat
ke inti elektroda melalui
hidung
insulator selanjutnya di pindahkan ke head silinder melalui
housing busi.
Apa itu busi panas dan busi dingin
"Busi panas" memiliki hidung insulator yang panjang menyebabkan daerah yang terkena panas menjadi lebih
luas.
Hal ini menjaga suhu busi menjadi
lebih
panas.
“Busi dingin" memiliki hidung insulator lebih pendek, menyebabkan permukaan yang terkena panas menjadi sedikit. Busi dingin biasa dipakai untuk kondisi kerja mesin berat. Busi dingin juga dapat mengurangi terjadinya pre-ignition dan detonasi, disisi lain jika tingkat panas busi terlalu dingin akan terjadi endapan carbon saat kondisi idling dan kecepatan rendah.
“Busi dingin" memiliki hidung insulator lebih pendek, menyebabkan permukaan yang terkena panas menjadi sedikit. Busi dingin biasa dipakai untuk kondisi kerja mesin berat. Busi dingin juga dapat mengurangi terjadinya pre-ignition dan detonasi, disisi lain jika tingkat panas busi terlalu dingin akan terjadi endapan carbon saat kondisi idling dan kecepatan rendah.
KONDISI BUSI
Post a Comment