Lebih baik mana? diengkol atau starter menghidupkan motor pagi hari



Ada dua cara yang umum digunakan orang untuk menghidupkan sepeda motor, yang pertama menggunakan kick stater/engkol yang kedua menggunakan starter elektrik/stater. manakah yang lebih baik digunakan pada saat pagi hari atau pada saat kondisi motor dalam keadaan lama tidak dihidupkan ?

Diki Sanjaya salah satu mekanik senior AHASS GJP 2 Jl. Bukitbarisan - Pekanbaru yang kami temui Sabtu (14/3) menyarankan pada saat akan menghidupkan motor pagi hari baiknya menggunakan engkol terlebih dahulu, anjuran menggunakan kick stater sebenarnya juga tertulis di dalam buku panduan penggunaan motor, secara teori motor yang tidak dihidupkan dalam waktu yang cukup lama misalkan semalaman akan membuat kondisi mesin menjadi dingin, jadi ketika mesin dalam keadaaan dingin oli yang akan dibagian atas perlahan-lahan akan turun ke bawah dan mengendap dibagian carter oli/penampungan oli, sehingga seluruh komponen mesin tidak terlumasi oli secara sempurna.

Pada saat pagi hari atau pada saat kondisi mesin dingin, lalu pengendara motor menggunakan elektrik starter diibaratkan seperti orang yang baru bangun tidur langsung disuruh kerja padahal kondisi tubuh belum prima, berbeda dengan menggunakan engkol, putaran mesin yang dihasilkan pada saat diengkol jauh lebih besar bila dibandingkan dengan elektrik stater sehingga membuat oli yang berada dibagian bawah dapat disalurkan dengan sempurna.

Menurut diki panggilan akrab di AHASS, dampak yang terjadi apabila motor secara terus menerus dihidupkan menggunakan elektrik stater akan berakibat menjadi pendeknya usia aki (aki akan lebih cepat soak) lama kelamaan berimbas ke mesin walaupun kemungkinan berimbas ke mesin sangat kecil. lalu masalah berikutnya engkol yang lama tidak digunakan akan menjadi keras/seret bahkan tidak jarang engkol tidak kembali pada pasisi semula ini terjadi akibat dari per stopper atau girnya berkarat atau banyak tumpukan kotoran dibagian komponen engkol.

Untuk penangan komponen engkol yang keras/seret bisa dilakukan dengan membersihkan area CVT dengan menggunakan angin kompressor lalu dilumasi dengan oli atau grease secukupnya, sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri, apabila hal itu dirasa merepotkan diki menyarankan untuk datang ke :

AHASS GLOBAL JAYA PERKASA 2 - BUKITBARISAN
Jl. Bukitbarisan No. 28 B-D 
Pekanbaru
HP/WA 0823 8509 9940

Biaya Servis CVT = Rp. 45.000,00

Bagaimana dengan motor matik terbaru tanpa menggunakan kick stater ???
Untuk motor yang tidak memiliki kick stater tak perlu khawatir, menurut diki, motor-motor yang menggunakan teknologi modren dari segi komponen engine dan juga sistem kelistrikannya sudah canggih tak perlu dikhawatirkan akan ada masalah pada elektik stater atau akinya yang penting rutin melakukan servis karna pada saat servis di AHASS komponen aki juga termasuk dalam pekerjaan servis lengkap.

No comments